Dimas Prasidi

Mini Mind of Me

Birokrasi MA Perlambat Penyelesaian Kasus

leave a comment »

Oleh: Renny Sundayani
web – Kamis, 28 Februari 2013 | 23:12 WIB
INILAH.COM, Jakarta – Lambatnya proses pengkajian hingga putusan sebuah perkara di Mahkamah Agung (MA) tidak hanya disebabkan faktor hakim yang lama memeriksa tetapi, panjangnya jalur birokrasi yang harus dilewati suatu perkara hingga sampai kepada hakim agung menjadi faktor lainnya.
“Tetapi jika sudah digariskan sebagai sebuah kebijakan itu tidak dapat dilewati dengan sembarangan,” ucap Peneliti Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan (LeIP) Dimas Prasidi, di Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Selain banyaknya meja birokrasi yang dilewati, sambung Dimas, dari faktor individual, dalam membaca sebuah perkara yang masuk, majelis hakim yang terdiri tas tiga hakim agung harus membaca dan memberikan pendapat secara bergilir, Nah, imbuh dia, didalam konsep ini juga sangat riskan terjadi lambatnya proses putusan di Mahkamah Agung.

“Hakim agung yang terlalu lama memutus, sekarng sistemenya muter “roda” pembaca 1, 2, dan 3, yang dimana akan dibaca terlebih dahulu oleh pembaca satu baru setelah diberikan pendapat baru diberikan kepada pembaca dua hingga tiga. ini sangat kurang efektif ketika dipembaca dua terjadi stagnan (tidak membaca perkara hingga berbulan-bulan), otomatis pembaca tiga (selanjutnya) tidak dapat kesempatan dan lama,” ujarnya.

Karena itu, kata Dimas, dengan penggunaan sitem kamar dan memberdayakan teknologi informasi, setidaknya dapat memberikan gambaran secara cepat kepada para pihak yang berperkara.

“Kalau dengan sistem kamar sekarang, meski hal itu bisa terjadi, tetapi kan bisa didukung dengan menggunakan teknologi nformasi yang bagus saat ini, karena MA memliki web resemi putusan MA.go.id yang dapat diakses terbuka,” pungkasnya.[jat]

Written by dimasprasidi

September 18, 2014 at 8:59 am

Posted in Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: